Minggu, 26 April 2015

LibreOffice VS Microsoft Office

Pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang perbandingan libreoffice pada linux ubuntu dengan microsoft office pada windows.

LibreOffice adalah sebuah paket aplikasi perkantoran yang kompatibel dengan aplikasi perkantoran seperti Microsoft Officeatau OpenOffice.org dan tersedia dalam berbagai platform. Tujuannya adalah menghasilkan aplikasi perkantoran yang mendukung format ODF tanpa bergantung pada sebuah pemasok dan keharusan mencantumkan hak cipta. Nama LibreOffice merupakan gabungan dari kata Libre (bahasa Spanyol dan Perancis yang berarti bebas) dan Office (bahasa Inggris yang berarti kantor). Sebagai sebuah perangkat lunak bebas dan gratis (FOSS), LibreOffice bebas untuk diunduh, digunakan, dan didistribusikan. LibreOffice merupakan proyek pengembangan dari OpenOffice.org yang sejak tahun 2010sudah diakuisisi oleh Oracle. Semua fitur yang ada di OpenOffice ada pula di LibreOffice tetapi ke depannya akan dikembangkan secara lebih terbuka dan mandiri karena dibawah naungan pengembang nirlaba.
Microsoft Office adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah ExcelWord, dan PowerPoint. Versi terbaru dari Aplikasi Microsoft Office adalah Office 15 (Office 2013) yang diluncurkan 29 Januari 2013.

Libre Office ini bekerja sama dengan beberapa versi linux, sehingga ketika kita menginstall sistem operasi linux, Libre Office ini akan ikut terinstall dengan sendirinya. Namun, tidak semua komponen dari Libre Office ini akan terinstall, sama seperti tidak semua komponen Microsoft Office akan terinstall pada sekali penginstallan. Libre Office yang pasti akan terinstall adalah Writer (aplikasi pengolah kata), Calc (aplikasi pengolah angka), dan Impress (aplikasi pengolah presentasi)

Berikut ini merupakan tabel perbandingannya.




Microsoft Office
Libre Office
Developer
Microsoft
The document foundation
Sifat
Berbayar
Gratis
Tipe
Office suite
Office suite
Awal
bil gates 1 agustus 1988, pertama kali rilis 1990
merupakan percabangan dari open office (dimana open office merupakan perubahan dari star office) Januari 2011
Spellchecker
ya
ya
Komponen
word, excel, powerpoint,  access, outlook, onenote, other desktop applications, server applications, web services
writer, calc, impress, draw, math, base
Bahasa yang tersedia
35 bahasa
114 bahasa
Bahasa pemrograman
C++
C++, Java
OS yang kompatible
Windows and OS X, Windows Phone, Android, iOS, and another Unix-like platform.
Windows (32 & 64 bit), Linux, OS X 10.6 – yang terbaru,  FreeBSD,  NetBSD,  OpenBSD , AmigaOS,  Android and iOS, and  Pebble smartwatch
Lisensi
Trialware (Retail, volume licensing, SaaS)
GNU LGPLv3 with new contributions dual-licensed underMPL 2.0


Apabila os yang anda gunakan pada laptop atau PC anda merupakan os yang open source, maka pastikan bahwa anda menggunakan office yang bersifat open source juga. Karena jika anda menggunakan microsoft office maka tidak kompatibel dengan os tersebut. Namun jika os yang anda gunakan adalah Windows atau Mac OS, maka anda bebas memilih office yang anda ingin gunakan. 

Kelemahan microsoft office selain tidak kompatibel dengan os open source, yaitu file yang berasal dari microsoft office tidak dapat dibuka pada office lain yang open source. Sebaliknya, file yang berasal dari office yang open source tetapi bisa dibuka pada microsoft office, walaupun ekstensinya berbeda. 

Berikut ini adalah tabel perbedaan ekstensi dari kedua office tersebut.

Komponen
Pengolah data
Pengolah angka
presentasi
Pengolah vektor
Pengolah data base
Microsoft Office
Word
(.doc / .docx)
Excel
(.xls / .xlsx)

Power Point
(.ppt / .pptx)
Visio
(.vsd)
Server applications
(
Libre Office
Writer
(.odt)
Calc
(.ods)
Impress
(.odp)
Draw
(.odg)
Base
(.odb)

Selesai sudah postingan saya kali ini. Mohon maaf bila ada kata kata yang kurang pas atau informasi yang kurang akurat. Terimakasih :) Semoga Bermanfaat :) :)


Source :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar