Minggu, 05 April 2015

Cara Membuat Partisi pada Installan Windows XP di VirtualBox

Sebelumnya saya sudah membahas tentang cara menginstall windows xp tetapi tanpa di partisi kan. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang cara mem-partisi pada saat pengisntalan windows xp.

Apa yang dimaksud dengan partisi? Partisi adalah penyesuaian dari bahasa Yunani 'partition' yang artinya 'bagian'. Jadi pengertian partisi adalah bagian tertentu, biasanya kata partisi digunakan pada perangkat keras komputer yaitu harddisk.
Pengertian partisi harddisk adalah media penyimpanan data pada harddisk yang terbagi atas bagian-bagian tertentu. Tujuan membuat partisi pada harddisk biasanya untuk memisahkan antara data penting pada komputer dengan OS atau Windows sehingga lebih mudah menyelamatkan data didalamnya apabila komputer mengalami kerusakan.
Berikut ini langkah langkah nya.
1. Langkah pertama sama seperti saat menginstal windows xp pada postingan sebelumnya.
2. Pada bagian ini, tekan C untuk membuat partisi pada virtual windows xp.


3. Kemudian isi pada bagian create partition of size (in MB) dengan kapasitas yang anda inginkan.  Disini saya membuat partisi pertama sebesar 2500 MB. Klik enter.


4. Sehingga muncul kembali tampilan terkait total hard drive yang sudah ter-partisi dan belum ter-partisi. Untuk melakukan partisi lagi, lakukan cara yang sama dengan cara di atas. Lakukan partisi sesuai keinginan hingga total hard drive yang belum ter-partisi sudah habis.




5. Ini adalah tampilan jumlah partisi yang saya buat. Saya melakukan partisi sebanyak 2 kali, dan saya mempunyai 2 hard drive yang sudah ter-partisi. Apabila proses penentuan total space selesai, tekan tombol ENTER untuk melanjutkan proses instalasi.


6. Langkah selanjutnya akan sama seperti saat menginstal windows xp sebelumnya.

7. Setelah virtual windows berhasil di instal kemudian periksa total hard drive yang sudah terpartisi. Mungkin saat di periksa, pada Local Disk (E:), total space hard drive saat partisi belum terdeteksi. Lakukan proses format untuk menampilkan total space hard drive seperti saat partisi. Di bawah ini adalah tampilan total hard drive yang sudah saya partisi.





Jika di jumlah seluruh total hard drive nya adalah 4.98 GB, dan RAM yang digunakan adalah 192 MB. Sesuai pada saat pengaturan di instalasi windows.

Selesai sudah postingan saya kali ini. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang pas, atau ada informasi yang kurang akurat. Terimakasih:) Semoga Bermanfaat :) :)


Source:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar