Sabtu, 13 Juni 2015

Melakukan Persiapan Sebelum Menginstal Dual Boot

Dual boot adalah suatu kondisi dimana dalam satu buah komputer terdapat sistem operasi lebih dari dari. Dalam bidang installasi Linux, istilah dualboot ini sering digunakan untuk menyebutkan sistem operasi Linux yang terinstall berdampingan dengan sistem operasi windows. Walaupun dualboot dapat sangat memungkinkan untuk mendampingkan Linux dengan sistem operasi lain seperti Mac, Solaris, BSD, bahkan sesama Linux sendiri yang berbeda distro, dualboot yang akan dibahas disini adalah dualboot yang berkaitan dengan Linux dan windows.

Sebelum menginstal dual boot, terlebih dahulu kita melakukan persiapan seperti mempartisi hard disk yang akan digunakan untuk linux, dan membuat usb bootable.
Pertama yaitu mempartisi hard disk anda untuk digunakan di linux , langkah-langkahnya sebagai berikut :

1.  Klik kanan pada computer, kemudian pilih manage.


2. Pilih disk management.

3. Untuk mempartisi, pastikan disk anda memiliki free space yang besar dan bertipe logical. Klik kanan pada disk tersebut, kemudian pilih shrink volume dan isikan angka yang anda inginkan untuk menjadi partisi. Disini saya mempartisi sebesar 25 GB.


4. Kemudian klik shrink.



5. Lakukan hal yang sama untuk membuat partisi swap. Besarnya partisi swap biasanya harus 2 kali dari RAM anda. Kemudian pastikan disk yang anda buat partisi swap adalah primary.

Kedua yaitu membuat usb bootable dengan flashdisk, langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Terlebih dahulu anda download usb installer, dan file iso dari os yang anda ingin jadikan dual boot. Anda bisa mendapatkannya dari internet.

2. Kemudian buka usb installernya, dan masukkan iso file os nya.






3. Pastikan anda mengosongkan flashdisk anda, dan memasukkan hasil file yang telah dilakukan pada langkah 2.

4. Usb siap digunakan. 

Selesai sudah postingan saya kali ini. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan atau informasi yang kurang akurat . Terimakasih :) Semoga Bermanfaat :) :)

Source :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar