Minggu, 14 Juni 2015

Membuat Jaringan Ad-Hoc pada Linux Mint


Definisi ad hoc network adalah desentraliasi dari jaringan wireless, disebut ad hoc network karena tidak bergantung pada infrastruktur yang sudah ada, seperti router dalam jaringan kabel ataupun Access Point pada jaringan nirkabel.
Dalam Ad hoc network, setiap node bertugas dalam merouting data kepada node lain, jadi penentuan node mana yang mengirimkan data dibuat secara dinamis berdasarkan konektivitas dari jaringan itu sendiri.
Dalam jaringan ad hoc, tidak ada base station, dan tidak ada pengawas yang memantau kinerja jaringan secara keseluruhan. Sensor yang digunakan di jaringan ad hoc akan aktif dan mencoba untuk menentukan berapa banyak sensor aktif lainnya yang berada dalam jangkauan komunikasi. Bersama-sama, sensor kemudian mengumpulkan informasi apapun yang mereka butuhkan untuk melakukan tugas kolektif mereka.
Karena perangkat genggam seperti smartphone ataupun tablet pc menjadi lebih canggih dan diminati orang, prospek bahwa mereka dapat mengatur diri mereka sendiri ke dalam ad hoc network juga menjadi lebih menarik.
Bisa kita bayangkan, misalnya, ribuan orang di suatu lingkungan bergabung dalam ad hoc network, dan saling berbagi data seperti video sehingga ribuan orang tersebut dapat menonton video tersebut secara bersamaan tanpa harus membebani jaringan data.
Tapi sampai ditemukan applikasi yang dapat berperan sebagai pengatur dari ad hoc network yang dapat menarik orang-orang untuk membuka akses teleponnya untuk berbagi jaringan secara langsung melalui ad hoc dengan orang sekitarnya; hal tersebut belum bisa dilakukan.
Pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang cara membuat jaringan ad-hoc pada Linux Mint 17.1. Berikut ini langkah-langkahnya :
1.   Pada bagian connectivity di ujung kanan bawah, pilih Network Connection

2. Klik add


3. Pada tabel Connection Type, pilih Wi-Fi


4. Klik create


5. Beri nama yang sama pada connection name dan SSID. Pada mode pilih Ad-Hoc. Untuk Device MAC Address, pilih yang sudah tersedia (asli dari laptop masing-masing).


6. Untuk WiFi Security, bisa tidak diberi password, atau pilih tipe enkripsi sesuai keinginan.


7. Untuk Ipv4 Settings method pilih Manual


8. Klik Add, kemudian masukkan IP address dan netmask


9. Klik save


10. Pada tabel network connections akan muncul nama ad-hoc yang dibuat tadi



11. Pada bagian connectivity pilih network setting


12. Klik connect to a hidden network


13. Pilih nama koneksi ad-hoc yang telah dibuat tadi lalu klik connect


14. Atur ip address pada komputer yang ingin dihubungkan (dalam satu jaringan). Kemudian untuk menguji konektifitas buka terminal, ping ip address komputer yang telah dihubungkan


15. Buka network , maka nama komputer yang dihubungkan akan muncul


16. Pilih file yang ingin dicopy, kemudian copy dan paste pada direktori laptop


Selesai sudah postingan saya kali ini. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan atau informasi yang kurang akurat. Terimakasih :) Semoga Bermanfaat :) :)

Source :



1 komentar: