Minggu, 14 Juni 2015

Menjalankan Aplikasi Wine di Linux Mint


Wine merupakan sebuah proyek yang bertujuan untuk membuat agar sistem operasi bertipe Unix (Unix-like) dan sistem X-Windowsyang berjalan pada suatu komputer pribadi dapat menjalankan program yang khusus dibuat untuk Microsoft Windows. Alternatifnya, mereka yang ingin melakukan pemangkalan (porting) suatu aplikasi Windows ke sistem Unix-like dapat melakukan kompilasi melalui pustaka Wine dalam bentuk Winelib.[1]
Nama "Wine" merupakan akronim dari Wine Is Not An Emulator (Wine bukanlah emulator) dan kadang disebut juga sebagaiWindows Emulator. Walaupun nama ini juga muncul dalam bentuk "WINE" dan "wine", pengembang proyek ini telah menyepakati untuk melakukan standardisasi nama dan menyebutnya sebagai "Wine".
Wine adalah perangkat lunak bebas yang dirilis di bawah lisensi GNU Lesser General Public License (LGPL). Proyek Wine pada mulanya merilis Wine di bawah lisensi MIT sama seperti sistem X-Windows, tetapi pada Maret 2002 menggunakan LGPL sebagai lisensinya.
Pengembang Wine merilis versi beta yang pertama (Wine versi 0.9) pada 25 Oktober 2005 setelah 12 tahun pengembangan. Dan baru -baru ini Wine sendiri telah merilis versi 1.5 .
Perkembangan Wine Hingga saat ini Wine telah rilis versi 1.5 .Pada versi terbaru ini memiliki banyak dukungan feature terbaru ,seperti aplikasi ,serta game yang lebih banyak .Dengan Wine kita juga dapat langsung mendownload game maupun Aplikasinya tanpa harus mencari link download.
Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara melakukan eksekusi pada aplikasi berekstensi .exe (Windows) pada Linux Mint dilakukan dengan menggunakan software bernama Wine. Berikut ini langkah-langkahnya :


1.       Buka terminal kemudian masuk ke super user


2.     Ketikkan apt-get install wine


3.  Tunggu hingga selesai install, kemudian pada menu akan terlihat logo wine yang sudah terinstall



4. Cari sebuah aplikasi yang berekstensi .exe. contoh: screenrecorder.exe


5. Klik kanan, pilih open with Wine Windows Program Loader


6. Klik install.


7. Klik Next


8. Klik Next


9. Klik Next


10. Klik Next


11. Pilih Install untuk melanjutkan


12. Proses instalasi selesai. Klik Finish


13. Selamat anda telah berhasil menginstall screen recorder pada linux dan anda dapat menggunakannya seperti di windows.


Selesai sudah postingan saya kali ini. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan atau informasi yang kurang akurat. Terimakasih :) Semoga Bermanfaat :) :)


Source :



2 komentar: